Thursday, September 10, 2009

New Problem? Just Thanks It..

gratitude Di luar negeri ada dikenal hari thanksgiving. Sayangnya, di Indonesia gada hari yang serupa. Padahal hari kayak gitu berguna buat mempererat hubungan persaudaraan n persahabatan serta ingatin kita untuk berterima kasih atas apa yang udah terjadi dalam hidup kita.

Di dunia ini banyak bgt orang yang ga ingat buat bersyukur atas mua hal-hal baik yang terjadi di hidupnya. Jangan bilang ga pernah ada hal baik di hidup u! Tanya hati kecil u. Pasti u bakal nemuin setidaknya 1 hal baik dalam hidup u.

Tapi kayak hari valentine ja, manknya cuma pas hari thanksgiving aja kita baru ngelakuin ritual syukuran? Tentu saja ga dunk. Dalam buku "Discovering the Laws of Life," John Templeton ngenalin pendekatan beda. Namanya thanksliving.

Thanksliving berarti kita selalu bersyukur dalam menjalani hidup kita setiap harinya. Mungkin bakalan mudah kalau hidup kita selalu baik-baik aja. Tapi bagaimana kalau hidup kita sulit bgt?

Solusinya yah jangan cuma berterima kasih buat hal baik di dalam hidup u. Tetapi juga buat semua masalah yang datang. Laut yang tenang ga mungkin ngelahirin pelaut yang tangguh! Nyelesain masalah yang datang adalah alasan napa kita diciptain. Nyelesain masalah juga ngebuat hidup jadi lebih punya arti.

"Kesulitan, ketika kita lewati, membuat kita jadi lebih kuat," kata Templeton. Jadi sebenarnya kita ga bener2 terima kasih ma masalah yang kita hadapi, tapi ma kekuatan dan pengetahuan yang kita terima dari masalah itu. Bersyukur buat mua kebijaksanaan yang kita terima dari suatu masalah bakalan ngebuat kita lebih mudah nyelesain masalah itu.

Takdir kita ga ditentuin ama kondisi atau lingkungan kita sekarang. Kita mua punya kemampuan buat ngebentuk takdir kita sendiri. Kemampuan itu kita dapatin dengan percaya sepenuhnya bahwa kita semua memang mampu!

Kekhawatiran, penyesalan, n keluhan ga bakal nyelesain apa-apa! Semua itu ga bakal ngerubah apa-apa. Cuma ngerusak kesehatan, hubungan sosial, n kualitas hidup kita aja.

Situasi yang sulit jarang bisa diselesain dengan pikiran positif n rasa syukur saja. Tapi perlu juga elemen penting laennya. Elemen itu adalah tindakan yang nyata n konsisten.

Walau gitu, mank ada masalah-masalah yang gada solusinya. Misalnya kematian seseorang itu memang ga bisa dihindarin. Dalam keadaan gitu, satu-satunya cara yah cuma dengan nerima keadaan itu n terus beranjak maju di hidup u.

Hampir semua masalah di hidup kita sehari-hari sebenarnya diciptain ma bayangan di dalam cermin. Kita yang ngebuat sendiri masalah itu. N kita juga yang bisa perbaikinya.

Kehidupan punya cara sendiri dalam ngasi apa yang kita pengen. Kalau u takut gagal n takut miskin, malah u bakal jadi gagal dan miskin, ga peduli seberapa keras usaha u buat sukses. 

Ga percaya ma diri sendiri, ngikutin hukum di atas, bakal misahin u ma semua hal baik di hidup u. Harepin keberhasilan n dapatin keberhasilan. Keberanian n kepercayaan ngasi u kepuasan, baik secara materi maupun spiritual.

Tapi, percaya ma diri sendiri ga berarti cuma ngandelin diri ndiri. Minta bantuan ma orang lain tuh ga salah. Dalam keadaan tertentu, u gak akan berhasil klo ga minta bantuan orang lain. Walau terkadang lebih ngebanggain buat nyelesain masalah u sendirian.

Lihat sekeliling u n u bakal ngelihat orang-orang yg punya masalah2 yang lebih parah dari u. Semua masalah yang u hadapi - personal, sosial, keuangan - cara terbaik selalu dengan ngadepin secara berani, sabar, n percaya terhadap ma diri sendiri.

Kadang mank ada masalah yang jauh lebih besar dari diri kita. Tapi, masalah apapun pasti bakalan berlalu juga. Ga pernah ada masalah yang bisa tahan dari gempuran optimisme, daya tahan, n rasa syukur terus menerus. Jadi, u musti bertahan n terus maju aja.

Kayak kata Robert Frost, "Jalan keluar terbaik adalah selalu dengan melewatinya."

No comments:

Post a Comment