Thursday, September 10, 2009

Indonesia Unggul… Tapi Manja!!

Republik_Indonesia_by_pistonbroke Ga abis pikir napa sih hampir tiap hari selalu ja ada demo yang menyuarakan ketidakpuasan ma pemerintah kita? Bentar demo kenaikan BBM lah, bentar demo HAM, bentar demo korupsi, n demo2 lain. Ga salah juga sih demo2 gt, tapi pliz dunk tanpa kekerasan sgala. Ktnya orang intelek! Koq kelakuannya gitu?

Sebenarnya pemerintah kita ini uda bisa dibilang bagus lagi. Tapi masih ja banyak yang ga puas ma pemerintahan SBY ini. Bukannya g sedang mengkampanyekan SBY, tapi menurut g pribadi c mustinya kita mua ngasi SBY kesempatan lagi. Gmn pemerintahan mo bgs klo tiap pemilu musti ganti presiden, ganti kabinet, n ganti kebijakan terus2an.

Napa c orang Indonesia selalu ja nyalahin pemerintah kerja nya ga becus? Klo mereka ndiri yang ga bisa maju, lgsg protes napa gada bantuan dari pemerintah? Mereka ndiri dunk yang jgn manja gitu. Mereka ndiri yang ga pernah punya pikiran buat maju.

Di Cina n India ja bisa maju kan ekonominya. Pdhl Cina dulunya kan negara komunis, tapi entrepeneurshipnya tetep berkembang n akhirnya ngubah paham negaranya. Terus klo BBM nae yah musti kita ndiri dunk yang lebih irit n pinter ngatur duit. Kan kenaikan BBM x ini mank ga bisa dihindari? Di semua negara laen jg naik BBMnya.

Yg miskin yah harus kerja lebih rajin ato bisa juga ikut program transmigrasi drpd susah di ibu kota. Kenyataan yg ada malah banyak bgt tuh orang miskin karena males, tp sll nyalahin org laen. Trz masi wajar klo orang2 miskin pada protes BBM nae. Tapi, di Indonesia ini, dari miskin ampe kaya pasti ada yg protes jg.

Klo u juga termasuk orang yang selalu ngeluhin kinerja pemerintah ato bahkan nyalahin Tuhan, pikirin ja dulu manknya apa yang uda u lakuin buat perbaiki hidup u? Ini kan hidup u! U yang musti bertanggung jawab dunk ma mua ketidakbahagiaan u. Koq nyalahin orang2 ga bantu, pemerintah ga bantu, takdir u jelek, ato Tuhan ga denger doa u?

Banyak koq di dunia ini, orang2 yang nasibnya lebih jelek dari u, tapi banyak koq di antara mereka yang ga nyalahin sapa2. Bnyk malah di antara mereka yang bisa berbagi ama sesamanya di tengah kekurangan mereka.

Pemerintah kita juga kan masih punya banyak kerjaan yang laen, kyk pengangguran yg 46 juta, 90 juta penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan, 2,6 juta bayi kurang gizi, 10 anak putus sekolah tiap menit, bencana alam, illegal logging seluas 200 lap sepak bola tiap menit, tingkat pembajakan software yang sudah masuk Watch List, kerusuhan, serangan teroris, KKN, tindak kriminal, n masih banyak lg.

Indonesia ini sebenarnya penuh orang jenius loh tapi terlalu “lugu”. Indonesia ini sebenarnya kan penuh potensi buat dikembangin, tapi napa malah yang dapat manfaat malah pihak2 asing? Liat ja tempe, yang malah dipatenin Jepang, Batik n hasil budaya laen yang dipatenin Malaysia, SDA yang dikuras abis negara lain, n masih bnyk lg!? Mungkin kualat juga x gr2 bangsa ini selalu n selalu ja bajak karya ato produk orang lain?

Mental bangsa kita ini terlalu egois n cuma mikirin jangka pendek ja. Liat ja buruh2 kita kualitas kerjanya gimana tapi selalu ja demo n mogok kerja buat nae gaji tiap tahunnya. Liat ja S1 kita yang nanyain gaji mulu n gt dikasi kerja malah asal2an n ga becus kerjanya. Dikasi 6 hari kerja, pada demo minta 5 hari kerja. Klo perlu, ga kerja tapi maunya dapat gaji terus!!?

Sama sekali gada etos kerjanya deh bangsa kita ini. Bandingin ja misalnya ma Jepang, Cina, Vietnam, n Korsel yang tenaga kerjanya workaholic bgt! Pemerintahnya mo nerbitin aturan 5 hari kerja malah mereka demo biar bisa tetep 6 hari.

Pemerintah mo naekin gaji ,mereka malah demo biar gaji tetap, supaya investor asing betah di negara mereka. Mereka nganggap kerja tuh bentuk perjuangan mereka buat bangsanya, bahkan mereka rela mati jadi prajurit kamikaze buat negaranya. Nilai patriotik kayak gitu yang ga kita punya di Indonesia ini.

Dgn semangat patriotik n entepreneurship kayak gitu, pantes klo Korsel yang paling terpuruk pas krismon 98, sekarang bisa jadi macan Asia. Samsung & LG bisa bangkit n jadi penguasa pasar elektronik dunia dewasa ini.

Pantes Cina yang cuma negara miskin pada tahun 1995, sekarang bisa jadi negara ketiga yang bisa ngeluncurin satelit ndiri & satu2nya negara dengan reaktor nuklir terbanyak di dunia yang ga berani diganggu gugat Amrik.

Pantes Vietnam bisa diguyur investasi milyaran dollar US ama Google, SUN, Apple, Microsoft buat gantiin head office mereka di Cina & India yang harganya udah terlalu mahal.

Pantes klo konglomerat2 Indo malah pada diriin pabrik milyaran dollar Amrik di Cina, Vietnam, bahkan Nigeria!! Mank ga salah klo SBY ngasi judul bukunya “Indonesia Unggul” tapi ga salah juga kan klo g namain posting kali ini “Indonesia Unggul… Tapi Manja!!”

No comments:

Post a Comment