Thursday, September 10, 2009

Delapan Profil Kekayaan

wealthprofilesMenurut Andrew Carnegie, orang yang telah sukses adalah orang yang telah memilih satu jalur dan terus menjalankannya. Mengapa demikian? Karena semakin sering Anda bermain, semakin banyak pula yang Anda ketahui. Semakin cepat Anda memilih permainan dan memainkannya, semakin cepat pula keberuntungan Anda akan mengalir.

Saat Anda terus melakukan permainan yang sama, siklus pembelajaran Anda akan saling membangun satu sama lain – dan mereka tidak dapat melakukannya jika Anda terus mengubah-ubah permainan.

Kebanyakkan orang tentunya belum menetapkan atau mengidentifikasi jalur/permainan yang tepat untuk mereka? Selamat kepada Anda yang telah dapat menemukan jalur alami Anda. Namun, bagi yang belum menemukan jalur alami dalam kehidupannya, semoga postingan kali ini dapat membantu Anda sekalian.

Dalam bukunya Your Life Your Legacy, Roger Hamilton memberikan panduan entepreneurship untuk menemukan potensi terbesar Anda dan kisah sukses 38 para penghasil kekayaan ternama dunia. Konsep terpenting dalam buku ini adalah konsep mengenai delapan profil kekayaan yang dapat membantu kita untuk mengidentifikasi jalur alami kita.

Delapan profil kekayaan tersebut meliputi:

  • PENCIPTA. Para Pencipta adalah orang-orang yang memiliki terobosan-terobosan kreatif dalam menciptakan produk-produk yang lebih baik. Mereka sungguh hebat dalam memulai, tetapi sangat buruk dalam menyelesaikannya. Banyak Pencipta tidak menjadi manajer terbaik saat berlari lebih cepat daripada tim mereka, dan mereka juga sering pergi untuk membangun bisnis baru sebelum mendapatkan uang dari bisnis sebelumnya. Banyak yang menjadi frustasi karena terpaksa harus menjalankan bisnis yang dibangunnya. Banyak juga yang gagal karena sifat para Pencipta yang sangat optimis. Mereka mendelegasikan semuanya kecuali proses penciptaan itu sendiri. Pencipta yang akan dibahas diantaranya Thomas Edison, Walt Disney, Bill Gates, Steve Jobs, dan Richard Branson.
  • BINTANG. Para Bintang menciptakan identitas yang unik bagi diri mereka sendiri. Hal ini adalah merk pribadi mereka yang menarik perhatian orang lain. Para Bintang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Para Bintang menjadi frustrasi apabila orang lain tidak dapat melakukan apa yang mereka lakukan. Bintang yang dibahas diantaranya Oprah Winfrey, Martha Stewart, Arnold Schwarzenegger, Paul Newman, dan Amitabh Bachchan.
  • SUPORTER. Para Suporter sibuk memimpin dan menerangi orang lain. Para Suporter adalah pemimpin terkuat, karena mereka dapat menerjemahkan nilai menjadi tindakan melalui orang lain. Suporter pakar dalam menyemangati tim dengan memberikan kepercayaan diri kepada timnya. Para Suporter memiliki jaringan pertemanan yang luas. Para Suporter terkenal diantaranya Jack Welch, Michael Eisner, Steve Case, dan Meg Whitman.
  • PEMBUAT TRANSAKSI. Pembuat transaksi menciptakan nilai dengan penempatan waktu, dan bukannya inovasi. Mereka belajar pada masa lalu, membuat rencana untuk masa depan, dengan berfokus secara eksklusif pada masa kini. Mereka selalu sibuk berbicara di telepon atau melakukan pertemuan-pertemuan di luar. Mereka membentuk diri agar cocok dengan lingkungannya dan membiarkan orang lain yang berbicara. Mereka sering terperangkap dalam pikiran untuk dapat bepergian, makan-makan, dan bersenang-senang. Para Pembuat Transaksi diantaranya Donald Trump, David Geffen, Masayoshi Son, Henry Kravis, dan Rupert Murdoch.
  • PEDAGANG. Para Pedagang selalu berusaha membeli dengan harga rendah dan menjual dengan harga tinggi. Mereka sangat menyukai kegiatan untuk mencari tahu margin pada nilai pasar. Mereka sangat suka kegiatan tawar-menawar yang ketat. Mereka juga melakukan analisis mendalam dalam melakukan suatu penawaran. Pedagang diantaranya George Soros, Peter Lynch, John Templeton, dan Jim Rogers.
  • AKUMULATOR. Akumulator memperlambat aliran uang dan berusaha mengumpulkan aset-aset yang berharga. Mereka jarang bertindak impulsif dan akan gagal jika belum menetapkan kriteria untuk bertindak. Sering dituduh berlambat-lambat, sebenarnya mereka hanya membutuhkan data untuk membuat keputusan yang informatif. Mereka memastikan segalanya teratur dan tepat waktu. Akumulator sukses diantaranya Warren Buffet, Benjamin Graham, Sandy Weill, Li Ka Shing, dan Paul Allen.
  • RAJA. Raja sangat menyukai hal-hal detail dan dikenal karena sifat hematnya. Mereka memiliki aset-aset yang menghasilkan uang, sekalipun tidak memilikinya. Raja senang mengumpulkan aset-aset yang berada dalam satu industri, dan dari hilir ke hulur. Raja memiliki kesabaran dan ketekunan untuk mengumpulkan setiap sen dari aliran uang yang mereka dapat. Mereka menyukai kepastian dan membenci risiko, senang menyimpan untuk diri sendiri, dan memiliki kebutuhan terhadap kendali. Contoh Raja yakni Andrew Carnegie, John D. Rockefeller, Jean Paul Getty, Lakshmi Mittal, dan pendiri google Sergey Brin.
  • AHLI MESIN. Ahli Mesin selalu bekerja dengan jemari mereka dan selalu berusaha menciptakan sistem yang lebih baik. Ahli Mesin hebat dalam menyelesaikan segala sesuatu. Mereka adalah orang yang perfeksionis sehingga selalu berusaha mencari membuat sesuatu menjadi lebih baik. Mereka langsung bekerja dan tidak memperdulikan penampilan. Mereka selalu turun langsung meskipun telah mendelegasikan tugas-tugas mereka. Para Ahli Mesin sukses diantaranya Henry Ford, Ray Kroc, Sam Walton, Ingvar Kamprad, dan Michael Dell.

Apabila Anda masih sulit menentukan profil Anda, ada baiknya Anda menbaca buku  Your Life Your Legacy karangan Roger Hamilton ini. Dalam buku, Anda akan dijabarkan ciri-ciri setiap profil lebih mendalam, berikut kisah-kisah inspirasional para pencipta kekayaan dunia dalam setiap profil.

Saya sendiri memiliki profil sebagai Pencipta. Bagaimana dengan Anda? Anda dapat memberitahu saya dengan meninggalkan komentar untuk posting-an ini.

“Tugas Anda adalah untuk menemukan pekerjaan Anda dan kemudian dengan segenap jiwa, mengerahkan seluruh perhatian Anda untuk pekerjaan itu.” – Buddha.

No comments:

Post a Comment