Tuesday, March 12, 2013

Menghindari Godaan Bergosip dengan Triple Filter Test Socrates

Ingat cerita ini setiap kali Anda mendengar suatu rumor atau gosip. Ingat juga ketika datang godaan bagi Anda untuk meneruskan gosip yang Anda dengar.

TRIPLE FILTER TEST STORY

Filsuf Yunani Kuno, Socrates, terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat lagi bijaksana. Suatu hari seorang kenalannya bertemu dengan filsuf besar itu dan berkata;

“Tahukah Anda, apa yang saya dengar tentang teman Anda?”

“Tunggu sebentar,” jawab Socrates.

“Sebelum Anda menceritakan apapun pada saya, saya akan memberikan suatu test sederhana. Ini disebut triple filter test.”

“Triple filter test?”

“Benar,” kata Socrates.

“Sebelum kita bicara tentang teman saya, kita perlu menyaring apa yang akan Anda katakan. Itulah sebabnya saya menyebutnya triple filter test.”

Filter pertama adalah: KEBENARAN

“Apakah Anda yakin sepenuhnya bahwa yang akan Anda katakan pada saya BENAR?”

“Tidak,” jawab orang itu, “Sebetulnya saya hanya mendengar tentang itu.”

“Baik,” kata Socrates. “Jadi Anda tidak yakin bila itu benar. Sekarang saya berikan filter yang kedua.”

Filter kedua: KEBAIKAN

Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang BAIK?”

“Tidak, malah sebaliknya.. .”

“Jadi,” Socrates melanjutkan, “Anda akan berbicara tentang sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi Anda tidak yakin apakah itu benar. Anda masih memiliki satu kesempatan lagi karena masih ada satu filter lagi.”

Filter ketiga:  MANFAAT

Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu bermanfaat bagiku?”

“Tidak, sama sekali tidak.”

“Jadi,” Socrates menyimpulkannya, “Bila Anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar, buruk dan bahkan tidak bermanfaat, mengapa Anda harus mengatakannya kepada saya?”

Itulah mengapa Socrates adalah filsuf besar dan sangat terhormat.

Dalam percakapan sehari-hari, sering kali kita terjebak dalam kegiatan memulai gosip. Mulai saat ini, setiap datang godaan untuk menyampaikan cerita mengenai orang lain, pastikan terlebih dahulu informasi tersebut telah berhasil melalui triple filter test Socrates. Apabila yang hendak kita katakan tidak benar, buruk, dan tidak bermanfaat, maka lebih baik kita jangan membuka mulut.

“Without wood a fire goes out, without gossip a quarrel dies down.” - Proverbs 26:20.

“Whoever gossips to you will gossip about you” (Spanish proverb).

No comments:

Post a Comment