Saturday, June 7, 2014

Nudge The World to A Happier Place

Judul pada posting saya kali ini secara tidak lazim merupakan visi dari sebuah perusahaan bernama Zappos.com. Zappos sendiri merupakan online shop sepatu terbesar di dunia. Zappos.com didirikan oleh Tony Hsieh. Sekilas saya ceritakan mengenai perjalanan hidup seorang Tony Hsieh.

Ketika lulus kuliah, Tony diterima bekerja di Oracle, dengan gaji yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan pekerjaan yg didapat teman-temannya. Jam kerja Tony di Oracle terasa sangat longgar dan monoton. Hal ini malahan membuat Tony mengundurkan diri dari Oracle setelah bekerja selama lima bulan. Tony kemudian memulai bisnis pertamanya sebagai perusahaan web developer.

Rasa jenuh kembali menghampiri Tony dalam menjalankan usaha web developernya. Tony kembali mencari ide bisnis baru yg melahirkan LinkExchange yang kemudian dibeli Microsoft dengan harga $265jt.

Dari hasil penjualan LinkExchange, Tony kemudian mencoba untuk menanam investasi dalam perusahaan-perusahaan baru yang memiliki potensi menjanjikan. Salah satunya adalah Zappos.com yang merupakan pertaruhan dan kesuksesan terbesar dari Tony Hsieh.

Pada 2009, Zappos diakuisisi oleh Amazon dalam kesepakatan harga yang melebihi 1,2M usd. Kisah perjalanan Tony dan Zappos secara lengkap dapat dibaca di buku "Delivering Happiness: A Path to Profits, Passion, and Purpose." yg ditulis sendiri oleh Tony Hsieh.

Dari otobiografi "Delivering Happiness", kita dapat belajar banyak mengenai entrepreneurship dari perjuangan dan pengorbanan Tony Hsieh mempertahankan dan membesarkan Zappos. Selain entrepreneurship, kita dapat juga belajar mengenai manajemen perusahaan dan budaya perusahaan ala Zappos yg berfokus pada kualitas layanan pelanggan.

Delivering Happiness adalah misi dari Zappos dan misi karyawan-karyawannya juga secara personal. Meskipun telah diakuisisi Amazon, kesepakatan yang dibuat adalah Zappos tetap berjalan secara independen dan tetap mempertahankan budaya perusahaan yg ada.

Zappos memiliki nilai-nilai dan budaya perusahaan yang diciptakan dengan melibatkan semua karyawan. Semua kegiatan perusahaan dan kehidupan karyawan Zappos secara pribadi harus mencerminkan dan dilandasi oleh sepuluh nilai-nilai Zappos.

  1. Deliver WOW through service
  2. Embrace and drive change
  3. Create fun and a little weirdness
  4. Be adventurous, creative, and open-minded
  5. Pursue growth and learning
  6. Build open and honest relationships with communication
  7. Build a positive team and family spirit
  8. Do more with less
  9. Be passionate and determined
  10. Be humble.

Yang membedakan good company dan great company dalam hal kinerja jangka panjang adalah visi dan tujuan perusahaan. Great company memiliki visi dan tujuan yang lebih tinggi dari sekadar uang dan keuntungan, atau menjadi nomor satu di pasar.

Pada akhirnya tujuan apa pun yang dikejar oleh manusia akan berakhir pada alasan untuk mendapatkan kebahagiaan.

3 comments:

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    ReplyDelete
  2. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    ReplyDelete