Sunday, June 8, 2014

Mindful Living Manifesto

Pagi ini, seorang teman bertanya kepada saya apakah dapat mengirimkan cover picture yang saya gunakan di akun Path saya. Menurutnya gambar tersebut sangat inspiratif. Berikut gambar yang dimaksud oleh teman saya. Hal ini membuat saya jadi ingin tahu lebih banyak mengenai asal usul dari tulisan tersebut. Sebelumnya saya pernah membaca bahwa tulisan tersebut adalah pernyataan visi dari sebuah perusahaan start-up di luar. Akan tetapi, saya tidak pernah lebih lanjut mencari tahu perusahaan seperti apakah yang membuat pernyataan inspiratif ini?

Dari hasil pencarian saya di Google, saya menemukan bahwa tulisan tersebut merupakan manifesto dari perusahaan bernama HOLSTEE. Holstee adalah perusahaan yang berfokus pada desain dan printing poster, kartu, dan bingkai yang menginspirasi orang-orang agar hidup secara sadar dan penuh (mindful living). Manifesto sendiri dapat diartikan sebagai pernyataan tertulis yang memuat mengenai kebijakan, tujuan yang hendak dicapai, dan keyakinan dari seseorang atau sebuah kelompok.

Visi bisnis Holstee adalah mengembangkan Holstee menjadi kelompok usaha, baik usaha kafe maupun sepeda atau jenis usaha apa pun, yang semuanya terinspirasi dari komunitas-komunitas yang ada serta mendorong orang-orang agar menjalani hidup yang penuh (mindful living).

Target dari Holstee adalah secara positif mempengaruhi 1 milyar orang dalam kurun waktu 10 tahun mendatang. Manifesto yang mereka ciptakan ini di luar dugaan telah memberikan mereka awal yang baik dimana paling tidak lebih dari 100 juta orang telah membaca manifesto Holstee. Holstee berpendapat bahwa di masa yang akan datang, brand atau suatu merk akan dibentuk oleh nilai-nilai yang sejati dan murni. Orang-orang ingin mengikuti mereka yang hidup dalam nilai-nilai kehidupan yang sejati.

Holstee awalnya merupakan ide usaha untuk menjual pakaian kaos dengan kantong layaknya sarung pistol (Holster-TeeShirt). Setelah setahun usaha penjualan yang tidak terlalu menguntungkan, pendiri Holstee yaitu Dave dan Mike di luar rasionalitas pada umumnya memutuskan untuk resign dari pekerjaan mereka dan fokus menjadi pengusaha. Keduanya bersama dengan teman mereka Fabian memulia kembali Holstee. Mereka bertiga kemudian menuliskan nilai-nilai dan hal-hal yang ingin mereka kerjakan dalam hidup mereka. Tulisan ini yang kemudian menjelma menjadi Holstee Manifesto yang booming ke seluruh penjuru dunia dan menginspirasi banyak orang di dunia.

This is your life. Do what you want and do it often.
If you don't like something, change it.
If you don't like your job, quit.
If you don't have enough time, stop watching TV.
If you are looking for the love of your life, stop; 
they will be waiting for you when you start doing things you love.
Stop over-analysing, life is simple.
All emotions are beautiful.
When you eat, appreciate every last bite.
Life is simple.
Open your heart, mind and arms to new things and people, we are united in our differences.
Ask the next person you see what their passion is and share your inspiring dream with them.
Travel often; getting lost will help you find yourself.
Some opportunities only come once, seize them.
Life is about the people you meet and the things you create with them, 
so go out and start creating.
Life is short, live your dream and wear your passion.
― Holstee Manifesto

Secara bisnis, Holstee belum menjelma menjadi kelompok usaha yang dapat dikatakan besar secara profit. Akan tetapi, mereka benar-benar menjalani hidup yang sesuai dengan manifesto mereka. Mereka menjalani hidup mereka dengan sadar dan secara penuh. Mereka memikirkan hal-hal yang ingin mereka kerjakan saat ini dan di masa yang akan datang. Mereka berfokus kepada hal-hal positif yang sedang dan akan terjadi. Mereka tidak khawatir dengan standar atau penilaian dari orang luar. Pada akhirnya semua pencarian kekayaan akan berujung kepada pencariaan kebahagiaan. Tidak kaya bukan berati tidak bisa bahagia. Kebahagiaan adalah mengenai kesejatian. Mereka bahagia dan mereka genuine!

4 comments:

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    ReplyDelete
  2. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    ReplyDelete